Bunga deposito

Berapa besar bunga deposito di bank muamalat pada bulan januari dan februari 2017  atau tingkat suku bunga deposoito di bulan maret Рapril sampai mei juni apakah cukup stabil ? Ada banyak pertanyaan besar terkait nilai bunga pada bank muamalat di tahun 2017 sampai prediski di tahun 2018 . Untuk menciptakan jawaban yang masuk akal maka sudut pandang yang digunakan adalah kepentingan anda sendiri sebagai calon nasabah , bukan pendapat bank atau pegawai bank muamalat.

Mengapa ? Karena pandangan bank (staf, customer care atau kebijakan corporate ) tentunya sudah dihitung untung ruginya ketika menerapkan bunga deposito . Mengenai berapa besar untung yang bisa diperoleh boleh jadi anda tak pernah tahu detail kalkulasinya , sebab suatu bisnis akan selalu berorientasi pada keuntungan , tak akan ada bisnis yang bertahan ketika mereka tidak mendapatkan keuntungan maksimal.

Meski pada bank muamalat tidak dikenal dengan istilah bunga atau suku bunga, akan tetapi ketika dikalkulasi maka akan tetap tak jauh beda dengan yang namanya suku bunga . Hanya beda istilah saja , cuma dari sisi penerapan akan sama atau tidak terlalu jauh berbeda. Bunga deposito bank muamalat bisa dikatakan menguntungkan ketika besarnya bunga memberi hasil yang setara dengan jumlah uang yang anda tabungkan di muamalat.

Segala model tabungan deposito di bank apapun bisa tak mempunyai keunggulan apa apa ketika nilai imbal balik kurang sebanding atau berada di bawah angka inflasi yang berjalan . Kadang orang tidak menyadari bahwa mereka ternyata sudah menyimpan uang dalam bentuk tabungan deposito yang salah , yang sejatinya tak memberi nilai tambah , malah sebaliknya , uang jadi berkurang sedikit demi sedikit.

Persoalan makin menarik ketika bank mengatakan bahwa layanan deposito yang dimiliki telah menetapkan suku bunga  yang tinggi atau imbal balik yang melebihi bank bank lain. Tetapi saat ditinjau lebih jauh ternyata hasilnya tak demikian , karena nilai yang digembor gemborkan masih di bawah angka inflasi. Akibatnya berapapun hasil bunga yang dihasilkan tak akan pernah menguntungkan para penabung deposito.

Tabungan deposito bukanlah bentuk tabungan yang aman , hanya lebih tepat dikatakan sebagai bentuk tabungan dengan resiko kecil , karena memang uang yang disimpan di bank dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan di negara Indonesia. Anda perlu berfikir ulang ketika hendak menabung dalam bentuk tabungan deposito , besar bunga yang ditetapkan oleh bank tidak terlalu penting , karena berapapun bunganya maka pihak bank yang akan diuntungkan , anda belum tentu untung , sebab skema deposito yang dikembangkan lebih banyak terpusat pada kebijakan bank yang bersangkutan.

Jika tujuan anda menyimpan uang dalam bentuk deposito hanya agar uang tak dipakai tetap aman maka anda bisa memilihnya , namun jika tujuan utama anda menabung dalam bentuk tabungan deposito untuk mendapatkan imbal balik yang menguntungkan maka pertimbangkan bentuk tabungan lain yang akan kami bahas secara terpisah , bagaimana anda tak harus menabung deposito , tetapi sebaliknya memakai strategi lain yang lebih masuk akal dengan keamanan dana yang setara.